Jumat, 22 November 2013

Sejarah Perkembangan Musik Indonesia


Sejarah Perkembangan Musik Indonesiaby shalehon.Sejarah Perkembangan Musik Indonesiashaleholic.com – Musik di Indonesia pada beberapa tahun ini begitu pesat kemajuan hampir setiap stasiun televisi nasional punya acara musik sendiri. Bahkan durasi tayangnya melebihi durasi tayang untuk ceramah agama sekalipun. Begitu lamanya durasi tayang acara musik memang membuktikan bahwa rakyat indonesia seakan-akan haus akan hiburan. Selain banyaknya acara musik di televisi, di dunia maya Continue Reading »
sumber : google.com
shaleholic.com – Musik di Indonesia pada beberapa tahun ini begitu pesat kemajuan hampir setiap stasiun televisi nasional punya acara musik sendiri. Bahkan durasi tayangnya melebihi durasi tayang untuk ceramah agama sekalipun. Begitu lamanya durasi tayang acara musik memang membuktikan bahwa rakyat indonesia seakan-akan haus akan hiburan. Selain banyaknya acara musik di televisi, di dunia maya khususnya internet juga bertebaran situs-situs music mp3 indonesia yang memberikan link-link unduh yang bisa anda unduh sesuka hati. Namun sebelum anda menikmati musik anda, mungkin ada baiknya anda mengetahui Sejarah Perkembangan Musik Indonesia.

Musik Tanah Air (Nusantara)

Musik Tanah Air (Nusantara) adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menunjukkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya melodinya. Musik Nusantara terdiri dari , musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop.

Sejarah Musik Tanah Air (Nusantara)

Terdapat tahapan- tahapan perkembangan Musik Tanah Air(nusantara). tahapan tersebut adalah sebagai berikut :
Masa sebelum masuknya pengaruh Hindu- Buddha
Pada masa ini, musik dipakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapa kelompok, bunyi- bunyian yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Instrumen atau alat musik yang digunakan umumnya berasal dari alam sekitarnya.
Masa setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha
Pada masa ini, berkembanglah musik- musik istana (khususnya di Jawa). saat itu, musik tidak hanya dipakai sebagai bagian ritual saja, tetapi juga dalam kegiatan- kegiatan keistanaan (sebagai sarana hiburan para tamu raja). Musik istana yang berkembang adalah musik gamelan. Musik gamelan terdiri dari 5 kelompok, yaitu kelompok balungan, kelompok blimbingan, kelompok pencon, kelompok kendang,dan kelompok pelengkap.
Masa setelah masuknya pengaruh Islam
Selain berdagang dan menyebarkan agama islam, para pedagang arab juga memperkenalkan musik mereka. Alat musik mereka berupa gambus & rebana. dari proses itulah muncul orkes- orkes gambus di Tanah Air ( Indonesia ) hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar